Jokowi Menunjuk Sofyan Djalil Bentuk Komite Pembiayaan UMKM

Sofyan Djalil UKMSuksescomUKMSukses.com – Melalui Keppres Nomer 14 tahun 2015, Jokowi tunjuk Sofyan Djalil sebagai ketua kebijakan/komite dengan membawahi 13 Menteri dan 2 kepala lembaga sebagai pengurusnya. Presiden membentuk komite tersebut setelah resmi menandatangani dan efektif bekerja mulai tanggal 7 Mei 2015.

Sementara 14 Menteri lain yang menjadi anggota adalah Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Koperasi dan UKM, Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Tenaga Kerja, Menteri Badan Usaha Milik Negara, Sekretaris Kabinet, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Tugas Komite Kebijakan ini adalah merumuskan dan menetapkan kebijakan pembiayaan bagi UMKM, termasuk penetapan prioritas bidang usaha, melakukan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan kebijakan pembiayaan bagi UMKM dan mengambil langkah-langkah penyelesaian hambatan dan permasalahan dalam pelaksanaan kebijakan pembiayaan bagi UMKM. Dengan terbentuknya komite ini diharapkan dapat mensinergikan pengembangan akses pembiayaan dari perbankan dan lembaga keuangan bukan bank untuk UMKM.

Komite Kebijakan ini juga diminta untuk melaporkan hasil kinerjanya paling tidak sekali dalam enam bulan atau sewaktu-waktu apabila hasilnya dibutuhkan. Lalu, untuk membantu pelaksanaan tugas Komite Kebijakan, menurut aturan Keppres tersebut, dibentuk Tim Pelaksana yang susunan keanggotaan, tugas, dan tata kerjanya ditetapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian selaku Ketua Komite Kebijakan yaitu Sofyan Djalil. (ang)

Photo : lampost.com

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


7 − = 1