Ingin Bisnis Sukses??? Ini Tipsnya

hendy setiono ukmsuksescomKegiatan wirausaha terus berkembang pesat dari waktu ke waktu, dan UKM merupakan salah satu industri yang berkembang dengan sangat pesat. Kelompok Entrepreneur muda yang mandiri dengan unit-unit usaha kreatif pun semakin banyak bermunculan.

Menjadi seorang Entrepreneur merupakan pilihan yang berani, setidaknya itu menurut saya, dan bagi anda yang sudah mulai ber wirausaha “Congratulation!!! Anda telah melewati tahap yang paling menakutkan. Tapi apakah hal itu cukup?? Apakah dengan memutuskan untuk memulai suatu berwirausaha akan menjamin kesuksesan kita??

Off course not!!!! Kenyataannya, kita sering mendengar banyaknya bisnis yang gagal setelah berjalan kurang dari setahun. Hal ini tentunya sangat tidak menyenangkan, apalagi jika bisnis tersebut merupakan sumber penghasilan utama kita.

Tidak dapat dipungkiri bahwa periode awal dalam bisnis merupakan periode yang sangat krusial. Apakah bisnis ini dapat bertahan? Ataukah bisnis ini hanya akan menambah daftar panjang bisnis-bisnis yang gulung tikar? Berikut beberapa strategi yang dapat diterapkan pada periode awal usaha anda:

 

  1. Komitmen

Hal yang seringkali dialami oleh pengusaha terutama pengusaha muda adalah kurangnya komitmen dalam menjalankan bisnis. Hal ini kebanyakan disebabkan oleh keragu-raguan pada diri pengusaha untuk melanjutkan bisnis yang dirintisnya. Ia masih belum yakin bahwa usaha itu bakal berhasil, sehingga ia mencari aktivitas lain yang menjadi sandaran kedua jika bisnis yang dibangunnya belum berhasil.

Take a deep breath!!! Ingat-ingatlah kembali apa yang membuat anda memutuskan untuk memulai bisnis, get your passion & commitment back!!

 

  1. Kepemimpinan

Ketika bisnis mulai berkembang, kita tidak mungkin terus menerus single fighter dengan mengerjakan segala-galanya sendirian, bisnis mungkin bisa tetap berjalan namun akan sulit berkembang. Kita akan terlalu lelah mengurusi semua urusan. Karena itu bentuklah tim dan manajemen yang solid. Rekrut orang-orang yang dapat anda percaya, kompeten, “put the right man on the right job” dan belajarlah untuk mendelegasikan kewenangan. And yess, disinilah peran kepemimpinan oleh pengusaha mutlak diperlukan.

Kepemimpinan merupakan salah satu faktor utama yang mendukung kesuksesan dalam berbisnis. Sesolid dan sebagus apapun sistem dan manajemen yang dibentuk tidak akan berjalan tanpa pemimpin yang baik. Seorang Entrepreneur harus jeli dalam melihat pola kepemimpinan seperti apa yang harus diterapkan sesuai dengan kebutuhan usahanya. Entrepreneur yang berhasil merupakan pemimpin yang berhasil dan pemimpin yang berhasil akan membawa usahanya pada keadaan yang efektif, efisien, serta terus tumbuh secara berkesinambungan.

 

  1. Kreatifitas

Kebanyakan pengusaha akan merasa puas dengan hebatnya penjualan produk kita. Well, don’t!! Jangan tempatkan diri anda dalam zona nyaman karena suksesnya penjualan produk anda. Di luar sana sudah ada banyak sekali orang yang mengamati perkembangan usaha kita. Mereka juga pasti berminat untuk mengikuti hal yang sama. Nah, saat itulah kreativitas mutlak dibutuhkan.

Dalam dunia bisnis, kreativitas adalah hal yang tidak bisa diabaikan. Inovasi-inovasi baru harus terus-menerus menjadi perhatian utama. Dalam bisnis kita bisa dibaratkan seperti berkejar-kejaran dengan pesaing. Saat pesaing kita hendak meniru produk kita, kita sudah punya ide baru lagi yang siap diluncurkan. Begitu seterusnya hingga kompetitor kita yang justru kewalahan mengejar kita. Ini yang selama ini diterapkan oleh perusahaan-perusahaan yang hingga kini bisa survive. Mereka selalu punya inovasi baru.

 

  1. Komunitas yang Tepat

Salah satu hal yang dapat mendukung keberhasilan usaha adalah jaringan yang dimiliki. Dengan memiliki banyak relasi/jaringan, semakin besar pula peluang sukses yang kita miliki, sehinga tidak heran bila pemasaran usaha semakin pesat dan perkembangan usahanya mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Komunitas yang memiliki produktivitas tinggi akan menularkan produktivitas yang tinggi pada kita. That’s why, merupakan hal yang penting bagi kita untuk memiliki komunitas yang tepat.

And last but not least..

  1. Komunikasi dengan konsumen

Yess!!!! Konsumen adalah segala-galanya dalam bisnis. Tidak akan ada profit tanpa adanya konsumen dan bagaimana bisnis akan bertahan tanpa ada profit??? Karena itulah memberikan pelayanan serta kepuasan terhadap konsumen adalah hal yang sangat penting. Dan bagaimana kita bisa memberikan pelayanan jika kita tidak tahu apa yang mereka inginkan??? That’s Why, dengarkan konsumen anda dan berikan respon sesuai dengan harapan mereka.

*) Artikel ini merupakan content partnership UKMSukses.com dengan Detikcom – Finance, pernah dipublikasikan juga di Detikcom.

Sumber foto : https://fajarjajuli.files.wordpress.com/2013/01/hendy-setiono.jpg

 

Hendy Setiono (@hendysetiono)
Hendy Setiono (@hendysetiono)
Founder Group CEO Baba Rafi Enterprise yang memayungi waralaba kuliner Kebab Turki Baba Rafi (1200+ cabang), Piramizza, Bebek Garang dan Ayam Bakar Mas Mono. Pemenang Asia's Top 10 Young Entrepreneur Award, Pemenang Ernst & Young Entrepreneur of the Year – “Special Award Entrepreneurial Spirit 2009” oleh Ernst & Young dan penghargaan bergengsi lainnya. Saat ini aktif sebagai Ketua Komisi Tetap Kewirausahaan dan Usaha Menengah Kadin Indonesia Bidang Koperasi dan UMKM. Kumpulan Artikel : http://ukmsukses.com/author/hendysetiono/ Blog : http://hendysetiono.com - Follow : @hendysetiono
http://hendysetiono.com

Leave a Reply


4 − = 1