Industri Berkonsep Ekonomi Kreatif

Tas Plastik UKMSuksescomUKMSukses.com - Industri kreatif harus sejalan dengan ekonomi kreatif sebab ekonomi kreatif merupakan ide, gagasan yang berkembang di zaman ekonomi sekarang. Sedangkan industri kreatif sendiri merupakan industri yang memanfaatkan kreativitas individu sebagai produk utama dalam menjalankan kegiatan ekonominya. Konsep utama dari ekonomi kreatif adalah bersumber dari pengetahuan dan sumber daya manusia sebagai faktor utamanya.

Konsep seperti ini biasanya didukung dengan industri yang ekonomis, murah tetapi dapat keuntungan besar. Dengan mengandalkan kualitas dan kreatifitas dari sumber daya manusianya maka industri kreatif biasanya muncul, tumbuh dan berkembang dari kelompok industri kecil dan menengah. Seperti halnya pengrajin-pengrajin daerah yang banyak memanfaatkan barang bekas atau limbah rumahan yang kemudian dijadikan kerajinan cantik, bernilai jual dan ramah lingkungan.

Limbah bila dimanfaatkan akan menjadi berkah dan bermanfaat untuk semua orang. Seperti di tangan pengrajin-pengrajin yang sering memanfaatkan limbah rumahan, menyulap bungkus kopi dan botol air mineral bekas menjadi kerajinan cantik dan bernilai jual tinggi untuk sebuah karya seni di sebagian tangan-tangan kreatif para pengrajin.

Dalam memulai sebuah usaha tidak harus memiliki modal banyak yang terpenting dalam memulai usaha kita harus mempunyai ide kreatif, inovatif, unik dan menarik. Setelah ide tersebut ada lalu lakukanlah dan wujudkanlah dalam aksi dan bentuk nyata. Setiap orang punya potensi sama untuk sukses dan kaya raya. sekarang jika kamu ada ide usaha, maka wujudkanlah dengan cara merealisasikan usaha itu bagaimana? Cara dan langkah kerja usahanyanya bagaimana? Kerjakanlah sekarang juga. Semua ide dan imajinasi usaha Anda harus dituangkan dalam bentuk kenyataan, dengan kata lain wajib dimulai dari sekarang!. (ang)

Photo: atmajaya.ac.id

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


6 − = 2