IDX Inkubator Membantu Start-up di Indonesia Tumbuh Hingga Layak IPO

UKMsukses.com – Siapa yang tidak kenal facebook ? perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg yang begitu fenomenal sehingga banyak start up (perusahaan rintisan) dari berbagai belahan dunia tidak terkecuali di Indonesia terinspirasi berlomba untuk mengikuti kesuksesannya.

Banyak start up di Indonesia bermunculan dengan inovasi dan semangat memberikan solusi yang ditawarkan untuk masyakarat,namun pertanyaaan besarnya adalah bagaimana peta jalan untuk mendirikan perusahaan mulai dari start up hingga tumbuh dan berkembang kuat dan layak masuk ke lantai bursa saham mengikuti kisah sukses facebook.

Ada berita gembira bagi start up dan UKM di Indonesia, pada bulan Januari 2017 lalu, Bursa Efek Indonesia (BEI) menjalin kerja sama dengan Bank Mandiri untuk membentuk inkubator bisnis bagi start up dan UKM di Indonesia. Ajang ini juga disupport oleh Bekraf dan Kadin Indonesia.

Program yang dinamakan IDX Inkubator ini, akan membantu start up untuk dapat mengikuti berbagai bimbingan, mulai dari bagaimana mendirikan perusahaan, membuat rencana bisnis, mendapatkan modal, akuntansi, legal administrasi, mengelola sumber daya manusia dan berbagai bimbingan lainnya sehingga ditargetkan start up yang mengikuti inkubator ini dapat berkembang menjadi perusahaan yang layak Initial Public Offering (IPO) melalui BEI.

Lalu apa yang dimaksud IPO ? IPO merupakan initial public offering atau disebut juga go public yaitu penawaran saham perdana kepada masyarakat umum yang ingin membeli saham perusahaan melalui pasar modalyang dikelola BEI. Jadi diharapkan start up yang mengikuti IDX inkubator telah berkembang menjadi perusahaan yang kuat dan dapat menawarkan sebagian sahamnya untuk dimiliki masyarakat umum melalui mekanisme perdagangan saham di bursa saham.

Banyak manfaat bagi start up yang telah menjelma menjadi perusahaan melakukan go public menjadi perusahaan terbuka, antara lain :

  • Membuka akses perusahaan terhadap sarana pendanaan jangka panjang

Pemodalan yang diperoleh dari bursa dapat digunakan membiayai modal kerja, ekspansi dan pertumbuhan perusahaan.

  • Meningkatkan nilai perusahaan (company value)

Kinerja perusahaan da[at dilihat langsung oleh masyarakat melalui pergerakan nilai saham perusahaan.

  • Meningkatkan Image perusahaan

Hadirnya perusahaan di bursa, maka informasi dan berita mengenai perusahaan akan sering diliput oleh media.

  • Menumbuhkan loyalitas karyawan perusahaan

Karyawan akan lebih memiliki rasa memiliki perusahaan yang tinggi dengan memiliki saham di perusahaan karyawan bekerja

  • Kemampuan untuk mempertahankan kelangsungan usaha

Pemegang saham pendiri perusahaan dapat mempercayakan pengelolaan perusahaan kepada pihak profesional

  • Insentif pajak

Pemerintah mengeluarkan peraturan pemenerintah yang memberikan insentif pajak bagi perusahaan yang melakukan go public

IDX inkubator merupakan kesempatan emas bagi start up di Indonesia untuk dibimbing menjadi perusahaan yang kokoh hinga melantai di bursa saham layaknya perusahaan besar. Ayo segera daftarkan diri anda di www.idxincubator.com sebelum terlambat

Sumber:

Bisnis euangan.kompas.com, BEI Buku panduan IPO

Rully Mardjono (@rullymardjono)
Rully Mardjono (@rullymardjono)
Mengawali karir sebagai sales, hingga sebagai country manager di perusahaan asing, sekarang ini sebagai pengusaha dan founder Sigrax, perusahaan bergerak di bidang Aplikasi Manajemen Pemeliharaan Asset , selain berbisnis aktif beliau menyempatkan diri sebagai pengajar di bidang Ekonomi dan Technoprenuership di Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti. Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/rullymardjono/ Follow : @rullymardjono Email: rumarso@gmail.com

Leave a Reply


− 2 = 4