Efektifitas Keterbukaan dalam Bisnis

keterbukaaanUKMSukses.com – Openness atau yang sering disebut dengan keterbukaan sangatlah penting bagi semua aspek dalam kehidupan manusia, dengan keterbukaan manusia dapat mengekspresikan gagasan, perasaan, harapan dan kesan terhadap atasan, sesama kolega dan bawahan.

Keterbukaan memungkinkan kita menjalin kerjasama dan membuat kesepakatan-kesepakatan penting dalam membangun bisnis walaupun pada hakekatnya setiap individu memiliki latar belakang sosial, budaya dan pengalaman psikologis yang berbeda-beda.

Perbedaan ini sangatlah berpengaruh terhadap keterbukaan diri setiap individu. Oleh karena itu, dalam ruang lingkup bisnis keterbukaan menjadi hal yang lumrah, menjadikan sesuatu keharusan dan merupakan sesuatu yang sangat mendasar dalam menjalin kerjasama.

Salah satu yang sangat mempengaruhi efektifitas bisnis adalah keterbukaan dalam bentuk sikap dan sifat. Dengan keterbukaan seorang pemimpin perusahaan akan dapat bekerja dengan tenang tidak terganggu dengan praduga-praduga yang negatif baik dari atasan, bawahan ataupun para koleganya.

Dalam batas tertentu keterbukaan memang menjadi positif dalam arti bahwa untuk meneguhkan sikap atas kepemimpinannya, namun dalam lain hal keterbukaan juga harus dikembangkan dan dijalankan secara profesional dan berkelanjutan agar sifat terbuka manjadi sikap yang dianggap biasa dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam berbisnis.

Keterbukaan bukan berarti dimaknai bahwa semua orang harus tahu semua hal, namun dalam hal ini efektifitas keterbukaan yang diawali dengan niat baik dan mau menerima masukan konstruktif, kritik dan saran yang memang ada dasarnya, dari siapapun itu, tanpa melihat level dan status sepanjang penyampaiannya etis dan sinergis. (ang)

Sumber photo : writetodone.com

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


1 + = 8