BBM Naik, Elpiji 12 Kg Ditingkat Pengecer Ikut Berpengaruh

Seorang petugas mengisi BBM jenis premium ke kendaraan roda dua di Stasiun Pengisiran Bahanbakar Umum (SPBU) Cikini, Jakarta Pusat,UKMSukses.com –¬†Per 1 Maret 2015 kemarin malam tepatnya hari Minggu dini hari pukul 00.00 WIB telah terjadi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak dan Gas Elpiji ukuran 12 Kg. Jenis BBM yang mengalami kenaikan adalah jenis Premium dan jenis Pertamax sebesar Rp. 200,- namun untuk jenis BBM solar tidak terjadi kenaikan. Sedangkan untuk gas elpiji ukuran 12 Kg terjadi kenaikan dari Pertamina sebesar Rp. 5000,-

Dimulai dari tingkat distributor harga gas per tabung 12 Kg yang sedianya sudah ditetapkan dari Pertamina terkadang pada realisasinya tidak sesuai apa yang sudah ditetapkan, biasanya di tingkat distributor masing-masing pemilik mempunyai harga standar untuk dijual kembali ke tingkat agen. Setiap pemilik distributor sudah barang tentu ingin mengambil keuntungan dari apa yang mereka jual. Oleh karena itu, hal ini bisa saja terjadi juga di tingkat agen, malah terkadang di tingkat agen harga Gas elpiji 12 Kg pertabungnya bisa dua kali lipat dari pengambilan keuntungan di tingkat distributor.

Lalu bagaimana ditingkat pengecer? Sementara itu, ditingkat pengecer harga gas elpiji 12 Kg sudah barang tentu sama dengan di tingkat distributor dan agen, karena stok gas elpiji diambil tidak langsung ke distributor biasanya mereka menyetok dari tingkat agen. Para pengecer pasti tidak akan tinggal diam dengan naiknya harga Elpiji 12 Kg, dimana sudah menjadi kepastian bahwa mereka pasti akan menaikan harga gas Elpiji tersebut.  Nah, kemudian pertanyaannya adalah bagaimana pelaku usaha kecil, menengah dan masyarakat yang berlangganan menggunakan gas elpiji 12 Kg, mereka yang biasa paling terkena dampaknya. Meski demikian pelaku usaha dan masyarakat selalu menerima keputusan apa yang sudah ditetapkan pemerintah dan Pertamina. (ang)

Sumber photo : portalkbr.com

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


3 + 1 =