Bagaimana Cara Agar Produk Dapat Bersaing di Pasar Internasional?

Tahun depan kita sudah memasuki era baru pasar bebas, yaitu ASEAN Economic Community 2015 atau Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Di era tersebut, antara sesama negara-negara ASEAN akan mempunyai akses pasar bebas.

Dan Indonesia akan menjadi pasar terbesar bagi negara-negara ASEAN. Sehingga pasar kita akan diserbu oleh produk-produk dari negara-negara tersebut. Untuk itu kita perlu mempersiapkan lagi produk-produk kita untuk bisa bersaing di era tersebut dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri serta dapat pula memasarkan produk di pasar-pasar negara ASEAN.

Bagaimana caranya jika produk industri kecil kita dapat bersaing di Pasar Internasional?

Beberapa tips dari saya untuk produk Anda sebagai berikut :

1. Siapkan produk tersebut memenuhi standar nasional dan internasional.

Tentu anda harus memulai dengan mengikuti standar-standar nasional (SNI) dari Badan Standardisasi Nasional (BSN) lalu bisa juga untuk melangkah lagi ke standar internasional (ISO)

Tujuan dari kita mengikuti SNI adalah meningkatkan transaksi perdagangan di dalam negeri dan dengan dunia internasional, baik antar produsen maupun antara produsen dan masyarakat, meningkatkan perlindungan bagi konsumen dan meningkatkan persaingan usaha yang sehat dan transparan, memacu kemampuan inovasi.

2. Perluas jejaring pemasaran dengan aktif di dunia online.

Buat website resmi, daftarkan di beberapa website direktori bisnis sesuai dengan produk Anda. Aktifkan beberapa program sosial media seperti : blog, facebook, twitter dan lainnya.
Juga optimalkan pencarian mesin pencari seperti Google. Sekali-kali pasang iklan online yang tepat sasaran, banyak tools yang dapat digunakan. Tugaskan orang khusus untuk melakukan ini.

3. Mengikuti pameran di lokal

Pameran yang rutin dilaksanakan dan sudah mempunyai citra yang baik dari buyer (pembeli) baik lokal maupun international seperti: Inacraft, Pekan Raya Jakarta, Pameran Produksi Indonesia, Pekan Produk Kreatif Indonesia, dan lain-lain.

4. Mengikuti pameran di luar negeri

Pameran ini biasanya diselenggarakan oleh kedutaan besar Indonesia di luar negeri yang memamerkan produk-produk Indonesia. Dan juga bisa mengikuti pameran internasional yang diselenggarakan oleh negara setempat.
Untuk dapat akses informasi pameran ini, bisa bergabung di asosiasi atau komunitas yang berhubungan dengan produk anda seperti asosiasi produk-produk untuk industri. Carilah informasinya di website-website terkait.

5. Anda harus mempunyai barometer produk sejenis

Carilah produk yang sejenis dengan Anda, yang sudah menjadi ‘market leader’ baik di lokal maupun di mancanegara untuk menjadi barometer produk Anda. Anda perlu mempelajari bagaimana para market leader bisa terus bertahan dan apa saja inovasi yang terus mereka kembangkan untuk produk sejenis anda. Kita harus banyak belajar dari mereka, mereka bukanlah kompetitor yang menakutkan.

6. Sosialisasikan produk anda ke industri-industri sesuai segmen pasar atau target anda.

Berikan mereka beberapa promo yang menarik. Demokan kualitas produk anda secara langsung dan berikan coba gratis agar mereka mengenal produk anda.
Kepuasan mereka akan menjadi kekuatan “word of mouth marketing”. Kita harus bisa mencari peluang promo dengan “low budget” tapi “high profit” hingga produk anda menjadi pembicaraan para pengguna karena mutunya yang bagus.

Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Pemilik bisnis di bidang IT dan Pendidikan. Berkecimpung di dunia bisnis sejak tahun 2000. Saat ini adalah Founder dan CEO PT Mitratama Global Sejahtera dan Direktur & CMO ukmmarket.co.id. Salah satu pendiri Komunitas Tangan Di Atas dan Presiden TDA (2008-2011). Iim aktif menulis Kolom #KlinikUKM pada Detik.com (Detik Finance). Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/iimrusyamsi/ Follow : @iimrusyamsi Blog: http://iimrusyamsi.com
http://iimrusyamsi.com

One thought on “Bagaimana Cara Agar Produk Dapat Bersaing di Pasar Internasional?

Leave a Reply


+ 9 = 16