Aspek Penentuan Lokasi Bisnis

menentukan lokasi usaha ukmsuksescomUKMSukses.com – Lokasi bisnis bisa dibilang membawa pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan bisnis dimasa yang akan datang. Maka penentuannya sangat ditentukan oleh aspek lingkungan sekitar yang akan dijadikan tempat berbisnis. Apalagi jika bisnisnya menitikberatkan pada operasinya di dunia nyata, bukan bisnis melalui dunia online.

Oleh sebab itu, hal-hal yang perlu dipertimbangkan selain aspek kesiapan modal dan mental, juga harus dengan cermat, matang dan penuh perhitungan dalam kaitannya dengan prospek bisnis yang akan dijalani. Pemilihan lokasi yang kurang tepat bisa mengakibatkan bisnis tidak berjalan sesuai keinginan yang diharapkan. Dari arti penting pemilihan lokasi tersebut adalah untuk mendapatkan keuntungan pendapatan secara maksimal. Maka dari itu penilaian serta keputusan yang diambil harus berdasar pada masalah yang erat kaitannya dengan perkiraan terhadap pendapatan dan modal yang akan dikeluarkan.

Untuk menentukannya bergantung pada jenis bisnis yang akan dijalankan. Ada pertimbangan yang berbeda dalam pemilihan lokasi antara produsen barang, penyedia jasa dan penjual barang. Perusahaan yang menjadi produsen barang tempat usahanya disebut dengan pabrik, penyedia jasa tempat usahanya biasanya disebut dengan kantor atau tempat praktek (tempat usaha kesehatan), sedangkan untuk usaha yang menjual barang dagangan disebut dengan agen, grosir dan pengecer.

Manfaat dalam pemilihan lokasi juga akan berdampak pada jangka panjang, maksudnya adalah suatu keputusan yang sifatnya strategis. Selain itu juga, akan tercipta transaksi dengan para pembeli sehingga merupakan salah satu sarana atau media dimana tempat bertemunya antara pembeli dan penjual. Dalam kesempatan kali ini dibatasi pada usaha penjual barang tepatnya pengusaha yang menjual langsung ke pembeli, bisnis seperti ini sekarang sedang marak-maraknya seiring dengan berkembangnya industri kreatif.

Ada beberapa aspek yang tidak kalah pentingnya selain aspek yang disebutkan diatas diantaranya, adalah aspek yang pertama berupa aspek besaran dan aliran pendapatan yang didapat artinya adalah bilamana lokasi atau tempat penjualan berada di dekat masyarakat dengan jumlah dan kepadatan penduduk yang besar maka akan menentukan sekali terhadap laba yang didapat. Aspek yang kedua adalah aspek operasional berupa aspek tentang legalitas dan prasarana. Terakhir aspek yang menunjang dengan lokalisasi keberadaan tempat bisnis yang berbarengan dengan kompleks bisnis yang lain sehingga menjadi pendorong untuk orang berbondong-bondong mendatangi tempat tersebut.

Maka pertimbangannya memilih lokasi adalah seberapa besar lokasi tersebut dapat menguntungkan, sebabnya adalah faktor kedekatan adalah dijadikan prioritas pertama dalam menjangkau dan fasilitas yang sesui untuk mendatangkan pelanggan.

Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Pemilik bisnis di bidang IT dan Pendidikan. Berkecimpung di dunia bisnis sejak tahun 2000. Saat ini adalah Founder dan CEO PT Mitratama Global Sejahtera dan Direktur & CMO ukmmarket.co.id. Salah satu pendiri Komunitas Tangan Di Atas dan Presiden TDA (2008-2011). Iim aktif menulis Kolom #KlinikUKM pada Detik.com (Detik Finance). Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/iimrusyamsi/ Follow : @iimrusyamsi Blog: http://iimrusyamsi.com
http://iimrusyamsi.com

Leave a Reply


− 4 = 5