Apa Manfaat Standard Mutu untuk UKM?

Sistem manajemen mutu ISO 9001:200 bukan istilah baru lagi bagi perusahaan besar. Kerja keras pimpinan puncak perusahaan atau pemilik perusahaan sampai pekerja level bawah dan investasi mulai dari pengembangan sampai penerapan sistem manajemen mutu patut dipublikasikan sebagai bentuk keberhasilan perusahaan dan tanggung jawab kepada pelanggan dalam memberikan mutu produk dan jasa yang lebih baik.

ISO 9001:2000 adalah sebuah standart international yang dibuat oleh The International Organization for Standartzation (ISO) untuk memberikan panduan atau arahan. Keuntungan yang didapat dengan menjalankan ISO 9001:2000 bagi sebuah organisasi adalah terpenuhinya kebutuhan sesuai dengan harapan organisasi dan regulasi yang berlaku. Selain itu, efek positif yang dihasilkan ketika dapat menjalankan standart ini adalah meningkatnya kepercayaan pelanggan terhadap kinerja dan mutu organisasi sehingga berdampak pada penurunan biaya produksi dan meningkatkan produktifitas.

Ada beberapa UKM yang telah berhasil menerapkan sistem manajemen mutu, sebagai contoh adalah UKM di bidang rumput laut, terutama dalam proses pasca panen, pengeringan dan pengiriman rumput laut dari petani ke tempat pengolahan. Sebagai contoh, petani rumput laut jenis E.cottoni harus melakukan panen saat umur rumput laut 45 60 hari agar karaginan dapat diekstrak secara optimal saat pengolahan. Perlakuan panen rumput laut dilakukan dengan meminimalkan kerusakan batang (thalus) dan pengeringan dilakukan dengan penjemuran diatas para-para atau dengan metode gantung untuk meminimalkan penyusutan berat dan mendapatkan hasil rumput laut kering yang bersih. Hal tersebut menghasilkan mutu rumput laut yang tinggi dan mendapatkan nilai jual lebih tinggi. Salah satu contoh, petani rumput laut yang tergabung dalam kelompok tani Sinar Rejeki yang telah menerapkan salah satu tahapan proses sistem manajemen mutu ini dengan bantuan teknis Farmer Cooperation SeaPlant Network, mendapatkan harga jual 50% lebih tinggi dari harga pasar.

Sistem tersebut diatas adalah salah satu tahapan proses yang dikendalikan dalam sistem manajemen mutu. Pada dasarnya keberhasilan mereka diawali dengan komitmen dan keterlibatan pimpinan dan pemilik usaha. Visi dan misi mereka dalam pengembangan usaha akan terlihat dalam manajemen mutu. Pemetaan proses bisnis (business process mapping), kebijakan dan sasaran mutu yang akan dicapai sangat jelas dan terukur, sehingga UKM mempunyai perencanaan pengembangan usaha yang terarah dan terus melakukan perbaikan berkelanjutan (continual improvement) dalam setiap tahapan proses untuk mencapai sasaran mutu. Penerapan sistem manajemen mutu juga akan memudahkan UKM dalam mengevaluasi kinerja dan kepuasan pelanggan terhadap mutu produk dan jasa yang diberikan kepada pelanggan karena dalam sistem manajemen mutu diwajibkan melakukan pengukuran sasaran mutu (pencapaian target atau kinerja dari tahapan proses) dan kepuasan pelanggan termasuk bagaimana menyelesaikan keluhan pelanggan.

One thought on “Apa Manfaat Standard Mutu untuk UKM?

  1. Standart ini sangat penting untuk meningkatkan daya saing UKM Indonesia ya Min, bagaimana dengan UKM yang belum memiliki ijin, namun udah lama usahanya? apa yang pertama kali harus dilakukan?

Leave a Reply


+ 2 = 4