Anda Adalah Apa Yang Anda Pikirkan

think positive ukmsukses

“You are what you think. You are what you go for. You are what you do!”  – Bob Richards

Quotation dari Bob Richards ini sangat populer dalam hal motivasi untuk bergerak. Anda adalah apa yang Anda pikirkan, Anda adalah apa yang Anda ingin tuju, Anda adalah apa yang Anda lakukan. Disini ada tiga poin utama: pikiran, tujuan, dan cara. Sebagai pernyataan pertama, Anda adalah apa yang Anda pikirkan merupakan pondasi utama yang harus ditanamkan sebelum bergerak menuju tujuan.

Dalam ‘anda adalah apa yang anda pikirkan’, kekuatan pikiran merupakan hal penting untuk membentuk karakter. Dimana, karakter itu sendiri merupakan kumpulan dari kebiasaan-kebiasaan yang kerap dilakukan, baik secara sadar maupun tidak. Nah, kumpulan kebiasaan tadilah yang akhirnya membentuk sebuah karakter.

Pikiran seseorang itu lama kelamaan akan berubah menjadi konsep diri. Kalau pikiran seseorang selalu positif, maka konsep diri yang terbentuk pun akan positif. Jika pikiran seseorang kerap negatif, maka negatif pula konsep diri yang terbentuk.

Seperti halnya pola penanaman citra kepada anak-anak yang sudah dimulai sejak bayi dalam kandungan. Stimulus atau rangsangan positif harus kerap dilakukan jika sang orang tua menginginkan anaknya tumbuh menjadi sosok yang baik pula. Misalnya saja dengan memanggil sang anak dengan sebutan-sebutan yang baik, seperti “anak pintar”, “anak baik”, “anak cerdas”, dan lain sebagainya. Dengan harapan penanaman citra itu bisa tertanam ke dalam diri anak dan menumbuhkan motivasi dan rasa percaya dirinya untuk menjadi sesuai dengan imej positif yang ditanamkan orang tuanya.

Sebuah kalimat memiliki efek besar. Coba saja kalau kita terlalu sering berkata: “Mana mungkin saya bisa sukses?” atau “Aku sulit berhasil,” maka kecenderungan sikap mental seperti itu akan disusul oleh kenyataan berupa kegagalan. Sebaliknya kalau kita berkata pada diri sendiri, “Aku bisa sukses,” “Aku mampu,” besar kemungkinan kita akan berusaha keras dengan berbagai cara sehingga kesuksesan bisa diraih persis seperti yang diyakini dan kita pikirkan.

Rhenald Kasali pernah menyatakan, jika ingin mendapatkan sesuatu yang berbeda, maka lakukan hal yang berbeda juga. Katanya, hendaknya dalam menghadapi hal-hal baru itu harus direspon dengan cara yang baru juga. Kalau tetap dilakukan dengan cara lama, maka hasilnya tidak akan berbeda.

Nah, disini, pola pikir menjadi pangkal perubahan diri manusia: you are what you think. Rhenald berpesan, berhati-hatilah dengan cara berpikir kita. Jika cara berpikir keliru, akan mendapatkan hasil yang keliru. Menurut buku The Secret disebutkan, sebagian besar manusia sering memikirkan hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga, hal-hal yang didapatkan adalah sesuatu uang tidak diinginkan.

*note: tulisan ini pernah dipublish di buku Keajaiban Tangan Di Atas karya @roniyuzirman dan @iimrusyamsi

Sumber gambar : http://amazingpeopleeducation.files.wordpress.com/

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


− 4 = 1