7 Langkah Memberi Tanggung Jawab kepada Team Sesuai Potensinya

memberi wewenang ukmsuksesKemampuan memberi tanggung jawab kepada team/tim kerja adalah salah satu kunci menuju kesuksesan usaha kita. John Craig pernah mengatakan, “Sebanyak apapun pekerjaan yang bisa Anda lakukan, seberapa pun menariknya kepribadian Anda, jika Anda tidak dapat bekerjasama dengan orang lain, bisnis Anda tidak akan maju.”

Pengusaha J. Paul Getty, juga mengatakan, “Sebanyak apapun pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki seorang eksekutif, jika ia tidak mampu memperoleh hasilnya melalui orang lain, maka ia bukan eksekutif yang sejati.”

Memberi tanggung jawab atau wewenang kepada anggota tim kerja, dapat juga membantu merubah kehidupan mereka menjadi lebih baik, karena kedua belah pihak akan saling memberikan keuntungan. Dengan memberikan wewenang kepada tim, Anda tidak mengurangi ilmu, pengetahuan maupun kemampuan Anda sendiri, namun malahan Anda dapat meningkatkan kemampuan, ilmu dan pengetahuan anggota tim kerja Anda. Dan ini akan memberikan hasil positif bagi usaha Anda.

Agar langkah Anda tidak salah dalam memberikan tugas, tanggung jawab atau wewenang kepada anggota tim kerja Anda, berikut langkah-langkahnya seperti yang dikutip dari buku John C. Maxwell, Becoming A Person of Influence :

1.  Anda harus dapat menilai potensi mereka

Jika kita tidak berhati-hati dalam memberikan tugas kepada tim kerja yang belum mempunyai kemampuan dalam tugas tersebut akan menjadi kegagalan dalam usaha Anda dan bagi mereka akan membuat frustasi dan kehilangan semangat. Maka sebelum memberi mereka wewenang, Anda harus dapat menilai kemampuan mereka. Semua tim pada dasarnya memiliki potensi untuk dapat meraih sukses, Andalah yang bisa melihat potensi mereka. Lihatlah potensi mereka pada pengetahuan yang saat ini dimiliki, skill/kemahiran pekerjaan sehari-hari, rasa keinginan yang tinggi (orang yang memiliki pengetahuan dan skill namun tidak mempunyai keinginan, tidak akan merubah apa pun pada dirinya).

2. Anda harus menjadi contoh bagi mereka

Banyak diantara tim kerja kita yang mempunyak kemampuan, pengetahuan dan keinginan yang keras, tapi sayang mereka tidak mengetahui apa yang pemimpinnya harapkan dari mereka. Terkadang mereka harus Anda beritahu. Dengan apa diberitahunya? Caranya, dengan menunjukkan apa yang kita inginkan. Mereka cenderung bertindak sesuai dengan contoh yang mereka lihat.

3. Tunjukan bahwa Anda ingin mereka meraih sukses

Ternyata tidak semua tim kerja yang Anda beri tugas dan tanggung jawab, memiliki keinginan untuk sukses dalam pekerjaannya. Anda harus membantu meyakinkan mereka bahwa mereka bisa sukses. Tunjukkan kepada mereka bahwa Anda ingin benar-benar mereka meraih sukses dalam pekerjaannya. Tunjukan harapan Anda kepada mereka dan ungkapkan dengan kata-kata untuk meyakinkan mereka agar mereka lebih bersemangat. Dan perkuat lagi dengan banyak hal yang menunjukkan Anda percaya pada kemampuan mereka.

 4. Mulailah mengalihkan tanggung jawab kepada mereka

Kebanyakan pengusaha mensalahartikan dalam memberikan tanggung jawab. Pengusaha atau pemimpin menilai memberi tanggung jawab hanyalah sekedar membagi tugas sehari-harinya. Memberi tanggung jawab atau wewenang adalah juga mengalihkan kekuasaan dan kemampuan Anda dalam mengerjakan sebuah tugas pekerjaan. Jika ini bisa terjadi maka mereka akan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Dan mereka tidak lagi harus terlalu tergantung dari Anda. Peter Drucker seorang ahli manajemen mengatakan, “Tidak ada seorang boss yang mengeluh jika timnya mempunyai kemampuan  dan cakap dalam bekerja”.

5. Tunjukkan kepercayaan Anda kepada mereka di depan banyak orang

Anda harus mengatakan bahwa Anda percaya kepada mereka disaat Anda memberikan tanggung jawab untuk pertama kalinya. Dan yang terbaik adalah mengatakan ini depan banyak orang. Pernyataan di depan umum ini akan banyak manfaatnya. Akan banyak membuat mereka lebih yakin bahwa Anda memang percaya sepenuhnya kepada mereka akan berhasil dan mereka pun akan bereaksi positif.

6. Berikan masukan kepada mereka

Selain memberikan pujian di depan umum kepada tim kerja, kita juga perlu memberikan masukan-masukan yang positif dan nasihat lainnya untuk kebaikan mereka. Temuilah mereka secara pribadi dan lemah lembut. Beritahu dan bimbinglah mereka jika mereka melakukan kesalahan atau kekeliruan. Di saat mereka berhasil memperbaiki diri, pujilah. Pujian akan membuat mereka bersemangat.

7. Biarkan mereka agar mandiri

Tujuan utama Anda dalam memberikan wewenang adalah kebebasan kepada mereka agar bisa mengambil keputusan yang mereka anggap tepat dan meraih sukses secara mandiri. Artinya, Anda harus memberikan kebebasan sebanyak mungkin begitu Anda anggap mereka memang sudah mampu.

Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Pemilik bisnis di bidang IT dan Pendidikan. Berkecimpung di dunia bisnis sejak tahun 2000. Saat ini adalah Founder dan CEO PT Mitratama Global Sejahtera dan Direktur & CMO ukmmarket.co.id. Salah satu pendiri Komunitas Tangan Di Atas dan Presiden TDA (2008-2011). Iim aktif menulis Kolom #KlinikUKM pada Detik.com (Detik Finance). Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/iimrusyamsi/ Follow : @iimrusyamsi Blog: http://iimrusyamsi.com
http://iimrusyamsi.com

Leave a Reply


5 − = 2