6 Hal Penting yang Harus Dicermati untuk Membuka Bisnis Ritel

bisnis retail ukmUKMSukses.com  - Beraktifitas dan membuka usaha di bisnis retel tentu tidak lepas dari memperkaya informasi yang terkait dengan kondisi terkini. Ketatnya persaingan bisnis retail membuat sejumlah pelaku bisnis harus memutar otak sebisa dan sekreatif mungkin untuk bagaimana mencari petunjuk dan menembus masyarakat serta menyaring para konsumen. Berbagai format terus berkembang untuk mendongkrak bisnis ritel, ada beberapa hal penting yang harus di cermati untuk membuka dan memulai bisnis ritel diantaranya sebagai berikut:

1. Lokasi
Dengan semakin tajamnya persaingan dan banyaknya pebisnis yang membuka perusahaan dibidang ini maka pada dasarnya pemilihan lokasi sangat menentukan untung dan ruginya bisnis ritel.

2. Pemilihan produk
Dalam menentukan produk yang akan ditawarkan kepasaran pada umumnya dapat dilihat dari membandingkan produk yang sejenis, variasi produk dan memilih produk yang akan menjadikan target pasar.

3. Pricing
Suatu bentuk perusahaan ritel kalau sudah menetapkan harga suatu produk maka ditentukan sesuai strategi pasar untuk mempertimbangkan dan menilai produk dengan para pesaingnya. Bentuk strategi tersebut diantaranya ada strategi penentuan harga produk, strategi penentuan harga sesuai dengan psikologi konsumen, strategi penentuan potongan harga atau dikenal dengan diskon dan strategi penentuan harga kompetitif.

4. Promosi
Bagaimana suatu produk akan dikenalkan ke pasar agar pelanggan tergerak untuk membelinya. Promosi bisnis ritel ini bermacam-macam bentuknya, bisa dilakukan dengan mulut kemulut, melalui iklan baris di surat kabar, launcing, atau dengan pemberian diskon khusus pada pelanggan tertentu.

5. Komunikasi dan inovasi
Menggunakan komunikasi dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis dan membangun kesetiaan pelanggan. Hal ini dimaksud agar diperlukan guna menunjang antara para pelaku bisnis ritel untuk pengembangan bisnis dan dengan masyarakat sebagai konsumen ritel untuk membangun kesetiaan para pelanggannya. Sedangkan untuk inovasi para pebisnis harus berkreasi setidaknya harus pandai-pandai melihat pangsa pasar sekaligus membenahi diri supaya dapat bersaing dengan yang lainnya.

6. Segmentasi
Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli produk, menganalisis perbedaan antara pembeli. Segmentasi ritel tidak lepas dari letak geogerafis, budaya, gaya hidup dan tingkat ekonomi masyarakat. Indentifikasi bisnis ritel juga sangat ditentukan oleh kebutuhan dan keinginan para konsumen yang mau tidak mau harus dipenuhi oleh para pengusaha ritel.

Sumber photo : cdn.business2community.com

Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Pemilik bisnis di bidang IT dan Pendidikan. Berkecimpung di dunia bisnis sejak tahun 2000. Saat ini adalah Founder dan CEO PT Mitratama Global Sejahtera dan Direktur & CMO ukmmarket.co.id. Salah satu pendiri Komunitas Tangan Di Atas dan Presiden TDA (2008-2011). Iim aktif menulis Kolom #KlinikUKM pada Detik.com (Detik Finance). Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/iimrusyamsi/ Follow : @iimrusyamsi Blog: http://iimrusyamsi.com
http://iimrusyamsi.com

Leave a Reply


8 + 1 =