5 Solusi Mendapatkan Modal Kerja Selain Bank

1butuh modalDalam menjalankan usaha tentu kita harus menyiapkan modal dana untuk investasi awal, modal produksi maupun operational. Bagi yang baru menjalankan usaha kadang harus menmui kendala-kendala permodalan. Adapun jika ingin meminjamkan modal kerja ke bank, belum dapat memenuhi syarat karena usaha masih baru, tidak aset sebagaiagunan dan kendala syarat lainnya.

Solusi untuk mendapatkan modal dari pihak lain selain bank, mungkin bisa ditempuh sebagai berikut

1. Sebagai pelaku usaha pemula kita harus rajin berjejaring (networking) dan menawarkan konsep proposal kerjasama kepada relasi kita yang mempunyai dana untuk berinvestasi di usaha kita. Sehingga ada yang tertarik dengan usaha kita dan bergabung menjadi mitra bisnis.

2. Menjadi anggota koperasi simpan pinjam dengan aktif sehingga disaat kita memerlukan pinjaman dapat terpenuhi dari koperasi.

3. Menjadi mitra binaan dari program PKBL BUMN, BUMN mempunyai program kemitraan kepada UKM dengan pinjaman berbunga sangat rendah yaitu 6% per tahun dan dengan persyaratan yang masih bisa dipenuhi oleh UKM dan selain itu juga UKM yang menjadi mitra binaannya tentu saja mendapatkan bimbingan dan binaan dari BUMN tersebut.

4. Mencari perusahaan modal ventura. Modal Ventura adalah suatu pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal dalam suatu Perusahaan Pasangan Usaha (PPU) yang ingin mengembangkan usahanya untuk jangka waktu tertentu (bersifat sementara). Skema pembiayaan ini menggunakan sistem bagi hasil dan pengembalian modal (divestasi). Saat ini banyak perusahaan modal ventura lokal maupun asing.

5. Saran yang lainnya dan mungkin dapat didahulukan adalah mencari pinjaman dari kalangan terdekat misalnya dari keluarga, sahabat dan teman namun tetap dengan skema profesional yaitu pembagian hasil atau pun kerjasama.

Sebagai tambahan, untuk terus membangun usaha kita menjadi maju dan agar mudah mendapatkan kepercayaan pihak ketiga dalam membantu pembiayaan usaha maka kita pun harus menyiapkan diri dari sisi pribadi dan perusahaan agar pantas untuk mendapat bantuan pembiayaan tersebut.

Gambar : taboglu.av.tr

 

 

Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Pemilik bisnis di bidang IT dan Pendidikan. Berkecimpung di dunia bisnis sejak tahun 2000. Saat ini adalah Founder dan CEO PT Mitratama Global Sejahtera dan Direktur & CMO ukmmarket.co.id. Salah satu pendiri Komunitas Tangan Di Atas dan Presiden TDA (2008-2011). Iim aktif menulis Kolom #KlinikUKM pada Detik.com (Detik Finance). Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/iimrusyamsi/ Follow : @iimrusyamsi Blog: http://iimrusyamsi.com
http://iimrusyamsi.com

Leave a Reply


3 + 1 =