4 Cara Mengaktivasi Otak dan Pikiran Untuk Mencapai Sukses

otak ukmsuksescomDalam Entrepreneur.com ada beberapa cara untuk mengaktivasi otak dan pikiran Anda agar bisa mencapai kesuksesan. Berikut caranya:

  1. Buat Jurnal Tidur

Setiap malam sebelum tidur, tulis beberapa pertanyaan di buku catatan. Setelah itu, tidurlah. Penelitian menunjukkan bahwa banyak wawasan yang Anda alami terjadi saat Anda sedang ‘fokus pada tidak fokus’. Apa yang Anda baca itu benar. Namun bagi otak, untuk melakukan sihirnya ia perlu terbebas dari bias, penilaian dan negatif self-talk. Kebebasan ini terjadi pada saat Anda tidur. Jika Anda terus melakukan hal ini secara teratur, Anda akan melatih otak Anda untuk membuat koneksi untuk menemukan jawaban dari apa yang Anda cari. Ini bekerja untuk Edison, berarti dapat bekerja juga untuk Anda.

  1. Bermain

Google yang inovatif dan kreatif terkenal dengan area bermainnya. Bermain, pada kenyataannya, adalah cara jenius untuk membuka otak dan membiarkannya untuk bekerja tanpa membutuhkan perhatian. Otak akan melakukan versi terjaga dari apa yang dilakukannya ketika tidur. Setiap kegiatan bermain adalah cara bagi otak untuk mengurus masalah Anda yang telah terfokus tanpa harus otak kognitif Anda mengintervensi dengan bias dan pendapat. Bermain memungkinkan Anda untuk melihat hal-hal baru.

  1. Eramkan

Bila Anda memiliki pertanyaan besar – seperti “Bagaimana aku akan berhasil?” – hal terburuk yang Anda lakukan adalah mencoba untuk menyelesaikannya segera. Bila Anda melakukannya, Anda akan membatasi lebih dari satu kemungkinan dalam otak Anda hanya untuk mencoba “trik lama” dan “trik jitu”. Jika Anda memiliki sesuatu yang sangat besar yang perlu diselesaikan, berikan waktu. Lakukan diskusi mendalam dengan teman-teman yang Anda percaya.

Penelitian menunjukkan bahwa “momen aha” akan datang setelah Anda mencermati sebuah masalah dari berbagai setiap sudut pandang namun tanpa jawaban. Anda mungkin benar-benar frustrasi mencari jawabannya, kemudian Anda akan menjauh dari itu dan membiarkan pikiran bawah sadar Anda mengambil alih. Dalam beberapa jam, beberapa hari … mungkin beberapa minggu, otak Anda yang sudah melakukan pemindaian lingkungan sepanjang waktu, akan mencari koneksi dan menemukan jawaban.

  1. Perhatikan Hal Kecil dan Sederhana

Ada sebuah produk yang menjadi salah satu penemuan terbaik tahun 2005. Hal itu diakui dan kemudian diadopsi oleh toko Target, dan itu adalah hasil dari sikap terbuka terhadap ide-ide baru. Ini adalah botol obat resep hasil inovasi desainer grafis Deborah Adler. Sebuah ide yang mengubah desain botol terbalik. Botol berbentuk hamper miri segi empat ini berdiri di atas tutupnya sehingga memungkinkan untuk membaca label tanpa memutar botol.

Mengapa hal ini begitu revolusioner? Desain datar memungkinkan agar tidak membingungkan dan memudahkan peningkatan penanganan. Botol juga dilengkapi dengan cincin berwarna yang dipasangkan di sekitar mulut botol sehingga memudahkan anggota keluarga untuk mengetahui perbedaannya dan mengurangi resiko tertukar obat. Desain Deborah dianggap inovatif dan menjadi botol sampel yang dipamerkan di Museum yang terkenal di dunia Modern Art di New York City. Dari mana inspirasi desain Adler berasal? Ini bukan hasil dari meniru atau bersaing dengan desain lainnya. Tetapi gara-gara nenek Adler pernah sekali keliru mengambil pil suaminya, tertukar dengan miliknya.

*note: tulisan ini pernah dipublish di buku Keajaiban Tangan Di Atas karya @roniyuzirman dan @iimrusyamsi

Image : http://m.c.lnkd.licdn.com

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


8 + = 17