3 Tipe Karakter Kepribadian dalam Memulai Bisnis

tipe karakter pebisnis ukmsuksescomUKMSukses.com – Ketika anda kebingungan untuk memulai bisnis dan harus darimana memulainya. Sering kali dalam pembahasan mengenai cara mulai berbisnis telah banyak diulas dan dibahas secara mendalam, sebenarnya tidak ada yang salah dalam mempengaruhi bagaimana cara, strategi dan ilmu bisnis tersebut dipilih, bahkan bukan pula salah dari seorang motivator, konsultan atau komunitas bisnis. Terlepas dari berapa persentase anda dalam memilih hal tersebut tergantung pada bagaimana anda menangkap dan melaksanakan dari setiap pembahasan  yang sudah anda dengarkan dari pihak luar tersebut.

Baca juga : Memulai Bisnis yang Dikelola dari Rumahan

Alangkah bijaknya jika berupaya mengenali potensi yang ada pada diri anda, agar tahu batasan dan kemampuan yang anda miliki, supaya tidak salah dan tidak bingung dalam memilih dan memulai bisnis. Misalkan saja agar anda tidak salah kaprah dalam memulai bisnis anda harus mengetahui kepribadian anda sendiri dimulai dari siapa anda, bagaimana anda bisa, kenapa anda seperti itu dan sebagainya. Dari semua itu berpangkal dari karakteristik dari diri anda masing-masing. Sama halnya ketika ingin berinvestasi didalam bisnis, maka harus mengetahui tipe seperti apa anda. Tipe yang dimaksud adalah karakteristik, sifat dan sikap yang biasanya dimiliki oleh setiap manusia. Untuk menjawab pernyataan diatas, maka ada tiga (3) tipe untuk memulai bisnis yang sesuai dengan karakter kepribadian anda, seperti :

Tipe Konvensional

Tipe seperti ini cenderung terlalu takut dalam melakukan sesuatu. Misalkan terlalu takut akan resiko dan terlalu takut mengalami kerugian. Oleh sebab itu, tipe seperti ini cocoknya jika berinvestasi berada di pasar uang seperti bermain di deposito, tabungan dan obligasi. Sedangkan untuk berbisnis tipe ini ada baiknya memilih jenis yang minim resiko, seperti berbisnis frenchise sistem tertutup. Bisnis yang minim resiko walaupun pada kenyataannya tetap pasti ada resikonya walau sekecil apapun.

Tipe Moderat

Tipe seperti moderat sudah mulai bermain dengan banyak resiko walaupun tetap memperhitungkan dalam memulai bisnisnya. Diibaratkan anda seseorang yang bisa hidup di dua jalur dalam menghasilkan uang, seorang karyawan yang mempunyai penghasilan diluar sebagai karyawan seperti anda ingin memulai bisnis sejak dini, walaupun statusnya tetap sebagai karyawan tapi tidak melapas statusnya tersebut agar menghasilkan uang yang lebih banyak dari apa yang dilakukan dan berjaga-jaga pada suatu waktu ketika terjadi pemberhentian kerja maka ketika menjalankan bisnis sudah terbiasa dan tidak canggung lagi.

Tipe Agresif

Tipe ini termasuk tipe high risk return atau no pain no again tipe yang anti kemapanan atau tidak takut dengan resiko. Tapi bukan berarti tanpa perhitungan dan berfikir, namun dalam porsi yang teramat kecil dalam pengambilan resiko, sehingga yang digunakan adalah dengan menggunakan perhitungan kasar dan berfikir universal bukan perhitungan yang mendetail untuk memikirkan resiko.

Dari 3 tipe yang ada termasuk tipe manakah anda? (ang)

Free Photo : Unsplash – Jeff Sheldon

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

One thought on “3 Tipe Karakter Kepribadian dalam Memulai Bisnis

Leave a Reply


− 9 = 0