3 Kunci Kesuksesan Memulai Bisnis

memulai bisnisBanyak pertanyaan mendasar di forum-forum kewirausahaan seputar bagaimana menemukan ide bisnis kemudian menjadi peluang hingga kesuksesan kita raih.

Dalam menjawab pertanyaan tersebut, saya belajar dari buku-buku yang saya baca tentang strategi sukses berwirausaha, sehingga menemukan jawaban yang pas dan sesuai juga dengan apa yang saya alami selama memulai dan mengelola bisnis saya.

Tiga kunci kesuksesan untuk memulai bisnis dan membangun bisnis yang sukses adalah :

  1. Kita harus dapat menemukan produk atau jasa yang diinginkan dan dibutuhkan orang dan sehingga mereka dapat membayar dengan harga yang memberikan keuntungan. Galilah ide produk atau jasa dengan melihat hal apa yang orang kecewa atas produk atau jasa yang ada saat ini. Dan buatlah produk atau jasa yang mungkin orang lain belum buat dan harus lebih hebat dari orang lain.
  2. Kita harus dapat memasarkan secara agresif dan menjual produk atau jasa dalam jumlah yang mencukupi sesuai dengan target yang sudah ditentukan sehingga kita memperoleh keuntungan yang memadai. Dan lakukan hal ini secara terus berulang dan persisten juga kembangkan secara kreatif dan inovatf dalam memasarkannya. Tak lupa manfaatkan teknologi informasi yang ada saat ini.
  3. Kita harus banyak belajar apa yang belum kita ketahu. Seperti belajarlah bagaimana mengelola, mengatur dan memperhitungkan pendapatan dan pengeluaran biaya-biaya operational bisnis. Juga belajarlah bagaimana menggunakan teknologi informasi dan social media yang ada saat ini untuk meningkatkan bisnis kita.

Sukses untuk semua mahasiswa yang ingin terjun ke wirausaha. Bahwa wirausaha adalah solusi kita untuk mencari penghasilan selain menjadi karyawan. Semoga dengan tumbuhnya wirausaha baru dari dunia kampus maka akan tercipta banyak lapangan pekerjaan.

Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Pemilik bisnis di bidang IT dan Pendidikan. Berkecimpung di dunia bisnis sejak tahun 2000. Saat ini adalah Founder dan CEO PT Mitratama Global Sejahtera dan Direktur & CMO ukmmarket.co.id. Salah satu pendiri Komunitas Tangan Di Atas dan Presiden TDA (2008-2011). Iim aktif menulis Kolom #KlinikUKM pada Detik.com (Detik Finance). Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/iimrusyamsi/ Follow : @iimrusyamsi Blog: http://iimrusyamsi.com
http://iimrusyamsi.com

Leave a Reply


9 − 1 =